Vektor Apa Yang Laku Dijual Di Shutterstock? Yuk Cari Tahu!

vector yang laku dijual di shutterstock

Shutterstock adalah salah satu situs penyedia stok foto, vektor, video, dan musik yang populer di dunia. Shutterstock memiliki lebih dari 350 juta konten digital yang bisa digunakan untuk berbagai keperluan, seperti desain, presentasi, iklan, dan lain-lain. Shutterstock juga memberikan kesempatan bagi para kreator untuk menjual karya-karya mereka dan mendapatkan penghasilan dari setiap unduhan yang dilakukan oleh pelanggan.

Sekarang Apakah kamu sudah daftar jadi kontributor Shutterstock? ingin mencoba bermain di vektor? Seringkali kita bingung apakah vektor yang harus kita buat dan ragu apakah vektor tersebut akan laku terjual. Jangan khawatir, ada cara untuk mengetahui vektor apa yang laku di Shutterstock. Yuk simak tips dan trik di bawah ini!

Ketentuan Vector Shutterstock

Vektor adalah salah satu jenis konten yang bisa dijual di Shutterstock. Vektor adalah gambar yang dibuat dengan menggunakan garis, kurva, dan bentuk geometris, yang bisa diubah-ubah ukuran tanpa kehilangan kualitas. Vektor biasanya digunakan untuk membuat logo, ikon, ilustrasi, dan grafik. Vektor memiliki beberapa kelebihan, seperti:

  • Ukuran file yang kecil
  • Mudah diedit dan dikustomisasi
  • Tampilan yang bersih dan profesional
  • Cocok untuk berbagai media dan resolusi

Namun, untuk bisa menjual vektor di Shutterstock, tidak cukup hanya dengan membuat gambar yang bagus. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, seperti:

1. Format file yang sesuai

Shutterstock hanya menerima file vektor dalam format EPS (Encapsulated PostScript), yang bisa dibuat dengan menggunakan software seperti Adobe Illustrator, CorelDraw, atau Inkscape. File EPS harus disertai dengan file JPG (Joint Photographic Experts Group) sebagai preview, dengan ukuran minimal 4 megapiksel dan maksimal 25 megapiksel. File EPS dan JPG harus memiliki nama yang sama dan diunggah bersamaan.

2. Kualitas gambar yang tinggi

Vektor yang dijual di Shutterstock harus memiliki kualitas gambar yang tinggi, tanpa ada kesalahan teknis, seperti garis yang putus-putus, warna yang pudar, bayangan yang tidak realistis, atau tekstur yang tidak rata. Vektor juga harus memiliki komposisi yang menarik, warna yang harmonis, dan gaya yang konsisten.

3. Keyword yang relevan

Keyword adalah kata kunci yang digunakan untuk mendeskripsikan konten yang dijual di Shutterstock. Keyword yang relevan akan membantu pelanggan untuk menemukan konten yang sesuai dengan kebutuhan mereka. Keyword harus mencakup informasi penting tentang konten, seperti tema, warna, bentuk, gaya, dan kategori. Keyword juga harus menggunakan bahasa Inggris yang benar dan mudah dimengerti. Jumlah keyword yang disarankan adalah antara 7 hingga 50 kata.

Vector yang laku dijual di Shutterstock

Lalu vektor apa yang laku dijual di Shutterstock? Jawabannya adalah vektor yang memiliki nilai jual tinggi, yaitu vektor yang:

1. Sesuai dengan tren dan permintaan pasar

Vektor yang laku dijual adalah vektor yang sesuai dengan tren dan permintaan pasar, baik secara global maupun lokal. Tren dan permintaan pasar bisa dipengaruhi oleh berbagai faktor, seperti musim, peristiwa, budaya, teknologi, atau gaya hidup. Contohnya, vektor yang bertemakan COVID-19, seperti ikon mencuci tangan, masker, atau vaksin, sedang banyak dicari karena pandemi yang sedang terjadi. Vektor yang bertemakan Natal, seperti pohon, hadiah, atau salju, juga akan laku dijual saat menjelang akhir tahun. Untuk mengetahui tren dan permintaan pasar, kita bisa menggunakan berbagai sumber, seperti:

  • Website M-Rank.net, yang berisi indeks ranking dari setiap vektor beserta authornya. Di website ini, kita bisa melihat vektor apa yang baru saja masuk ke dalam top download, atau portofolio apa yang paling laris di Shutterstock.
  • Halaman customer Shutterstock, yang berisi hasil pencarian dari pelanggan yang mencari konten di Shutterstock. Di halaman ini, kita bisa melihat vektor apa yang paling banyak ditampilkan, diurutkan, atau diunduh oleh pelanggan.
  • Blog Shutterstock, yang berisi artikel-artikel tentang tips, inspirasi, dan tren terkini di dunia desain, fotografi, dan video. Di blog ini, kita bisa mendapatkan ide-ide baru untuk membuat vektor yang menarik dan diminati oleh pelanggan.

2. Unik dan kreatif

Vektor yang laku dijual adalah vektor yang unik dan kreatif, yaitu vektor yang memiliki ciri khas, gaya, atau konsep yang berbeda dari yang lain. Vektor yang unik dan kreatif akan menonjol di antara ribuan vektor lain yang ada di Shutterstock, dan menarik perhatian pelanggan. Vektor yang unik dan kreatif juga akan memberikan nilai tambah bagi pelanggan, yang mungkin mencari sesuatu yang baru, segar, atau berbeda untuk keperluan mereka. Untuk membuat vektor yang unik dan kreatif, kita bisa menggunakan berbagai cara, seperti:

  • Menggabungkan dua atau lebih tema yang berbeda, seperti binatang dan teknologi, bunga dan geometri, atau makanan dan musik.
  • Menggunakan warna yang tidak biasa, seperti neon, pastel, atau monokromatik.
  • Menciptakan karakter, simbol, atau logo yang orisinal, lucu, atau menarik.
  • Menambahkan humor, emosi, atau pesan yang positif, inspiratif, atau motivasional.

3. Berkualitas dan bermanfaat

Vektor yang laku dijual adalah vektor yang berkualitas dan bermanfaat, yaitu vektor yang memiliki kualitas gambar yang baik, dan bisa digunakan untuk berbagai keperluan oleh pelanggan. Vektor yang berkualitas dan bermanfaat akan memberikan kepuasan dan kepercayaan bagi pelanggan, yang mungkin akan kembali lagi untuk mencari konten lain dari kita. Vektor yang berkualitas dan bermanfaat juga akan meningkatkan reputasi dan ranking kita di Shutterstock, yang akan berdampak pada penjualan kita. Untuk membuat vektor yang berkualitas dan bermanfaat, kita bisa menggunakan berbagai tips, seperti:

  • Memeriksa kembali file EPS dan JPG yang akan diunggah, untuk memastikan tidak ada kesalahan teknis, seperti garis yang putus-putus, warna yang pudar, bayangan yang tidak realistis, atau tekstur yang tidak rata.
  • Memilih tema yang sesuai dengan kategori yang tersedia di Shutterstock, seperti abstrak, binatang, bisnis, edukasi, hiburan, kesehatan, makanan, olahraga, atau teknologi.
  • Memberikan keyword yang relevan, akurat, dan spesifik, untuk mendeskripsikan konten yang kita jual, dan memudahkan pelanggan untuk menemukannya.

Demikianlah artikel tentang vektor apa yang laku dijual di Shutterstock. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba! 😊

Tinggalkan komentar