Tempat Wisata Kota Tua Momen Historis Batavia

Tempat Wisata Kota Tua Momen Historis Batavia

Kota Tua Batavia memiliki begitu banyak tempat bersejarah yang masih terjaga hingga saat ini. Apa saja tempat wisata di Kota Tua Batavia yang wajib dikunjungi untuk merasakan nostalgia masa silam Batavia? Yuk simak ulasannya berikut ini!

1. Museum Fatahillah, Pusat Sejarah Kota Tua Batavia

Museum Fatahillah

Museum Fatahillah merupakan salah satu landmark utama Kota Tua Batavia. Bangunan ini dulunya adalah Balai Kota Batavia (Stadhuis van Batavia) yang dibangun pada tahun 1710 oleh Gubernur Jenderal Abraham van Riebeeck. Setelah mengalami renovasi, kini bangunan ini dijadikan museum yang memamerkan peninggalan sejarah Batavia. 

Begitu memasuki area museum, Anda akan disambut dengan arsitektur Indische Empire Style khas tempo dulu. Museum ini terdiri dari dua lantai dengan denah bangunan berbentuk huruf U. Di sini Anda bisa menemukan peninggalan furnitur, lukisan, pakaian, dan peralatan rumah tangga masa penjajahan Belanda.

Selain itu, Anda juga bisa menyaksikan patung pahlawan nasional Jenderal Soedirman buatan Otto Iskandardinata tahun 1987 yang terletak di halaman Museum Fatahillah. Patung ini melambangkan semangat pantang menyerah dan keberanian Jenderal Soedirman dalam melawan penjajah Belanda.

2. Gereja Sion dan Sejarah Panjangnya

Gereja Sion adalah gereja tertua di Jakarta yang masih berdiri kokoh hingga kini. Gereja ini dibangun pada tahun 1695 oleh Gubernur Jenderal Willem van Outhoorn sebagai hadiah ulang tahun pernikahannya yang ke-25 dengan Nyonya Maria van Riebeeck.  

Gereja Sion dibangun dengan gaya arsitektur Baroque yang artistik, lengkap dengan menara lonceng khas gaya Baroque. Interiornya dihiasi lukisan tentang kehidupan Yesus. Gereja ini sempat ditutup selama penjajahan Inggris tahun 1811-1816 dan juga sempat terbakar pada tahun 1808. 

Kini, Gereja Sion dijadikan landmark bersejarah serta tempat wisata religi. Gereja ini masih digunakan untuk kegiatan keagamaan bagi umat Kristiani di Jakarta. Anda juga bisa menyaksikan tibanya pengantin yang akan melangsungkan prosesi pernikahan di Gereja Sion.

3. Alun-Alun Fatahillah yang Romantis

Alun-Alun Fatahillah

Tepat di depan Museum Fatahillah, Anda akan menjumpai Alun-Alun Fatahillah yang luas dan asri. Alun-alun ini dulunya disebut Stadts Heren Plein atau Town Square yang merupakan pusat segala aktivitas penting masa pemerintahan VOC di Batavia.  

Kini, Alun-Alun Fatahillah menjadi spot favorit wisatawan lokal maupun mancanegara. Di sore hari, alun-alun ini ramai dikunjungi wisatawan yang ingin bersantai menikmati suasana taman sambil mengabadikan momen indah bersama latar belakang Museum Fatahillah yang klasik. Ditambah pemandangan Kanal Banjir Kanal Barat di sebelah timur alun-alun membuat lokasi ini semakin spektakuler.

4. Mercusuar Penjaga Teluk Jakarta

mercusuar jakarta

Selain tiga tempat di atas, Mercusuar Tanjung Timur yang terletak tak jauh dari Museum Fatahillah juga merupakan salah satu tempat menarik yang bisa dikunjungi. Mercusuar setinggi 35 meter ini dibangun pada tahun 1839 untuk menjaga kapal yang masuk Teluk Jakarta.

Dengan desain menara tinggi klasik bergaya Eropa abad ke-19, Mercusuar Tanjung Timur menjadi salah satu landmark ikonik Kota Tua Batavia. Mercusuar ini juga memiliki museum kecil di bagian bawahnya yang memamerkan peralatan pelayaran tempo dulu. 

Lewat Mercusuar Tanjung Timur, Anda bisa menyaksikan pemandangan romantis matahari terbenam di Teluk Jakarta sambil mengenang sejarah panjang pelayaran niaga di Batavia zaman dahulu.

Kota Tua Batavia memang tempat wisata favorit di Jakarta yang wajib dikunjungi. Di sana wisatawan bisa merasakan nostalgia masa lampau Batavia lewat bangunan-bangunan bersejarahnya yang terpelihara baik.

Museum Fatahillah, Gereja Sion, Alun-Alun Fatahillah, dan Mercusuar Tanjung Timur adalah beberapa landmark utama tempat wisata Kota Tua yang sayang untuk dilewatkan. Di sana banyak momen indah yang bisa diabadikan, mulai dari spot swafoto hingga pengalaman menyusuri jejak sejarah panjang Batavia.

Kunjungi keempat tempat ini untuk merasakan langsung bagaimana atmosfir Kota Tua Batavia yang historis dan romantis. Anda pasti akan betah berlama-lama menjelajahi tempat-tempat bersejarah ini.

Tinggalkan komentar